Pengertian Mikroskop dan Gambar Bagian-bagian Mikroskop beserta Fungsinya Terlengkap

Berikut ini adalah pembahasan tentang mikroskop yang meliputi pengertian mikroskop, bagian bagian mikroskop, fungsi mikroskop, gambar mikroskop, bagian bagian mikroskop beserta fungsinya, bagian bagian mikroskop binokuler.

Objek Biologi ada yang tidak dapat kita amati secara langsung dengan mata telanjang karena ukurannya sangat kecil. Objek semacam ini disebut organisme mikroskopis. Untuk mempermudah kita mengamati dan mempelajari objek-objek mikroskopis, kita dapat menggunakan mikroskop.

Seperti apakah mikroskop itu? Bagian-bagian apa saja yang dapat kita temukan pada mikroskop? Seperti apa bentuk dan apa fungsinya bagian-bagian itu? Mari kita pelajari bersama.

Pengertian Mikroskop

Apakah yang dimaksud mikroskop?
Mikroskop (berasal dari bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. 
Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis).

Bagian-bagian Mikroskop beserta Fungsinya

Mikroskop terdiri atas bagian-bagian optik dan nonoptik. Bagian optik meliputi lensa mikroskop. Lensa-lensa mikroskop merupakan lensa gabungan (compound lenses) yang disatukan menjadi suatu kesatuan.
Mikroskop dan Bagian-bagiannya
Gambar: Mikroskop dan Bagian-bagiannya

Bagian nonoptik meliputi antara lain kaki mikroskop, pemutar/pengatur, dan meja preparat. Bagian mikroskop dan fungsinya dijelaskan sebagai berikut.

a. Kaki

Bentuk kaki mikroskop seperti tapal kuda, berfungsi menopang dan memperkokoh kedudukan mikroskop. Pada kaki melekat lengan dengan semacam engsel.

b. Lengan

Dengan adanya engsel antara kaki dan lengan maka lengan dapat ditegakkan atau direbahkan. Lengan mikroskop ini digunakan untuk memegang mikroskop pada saat memindah mikroskop.

c. Cermin

Cermin mempunyai dua sisi, sisi cermin datar dan sisi cermin cekung, berfungsi untuk memantulkan sinar dari sumber sinar. Cermin datar digunakan bila sumber sinar cukup terang dan cermin cekung digunakan jika sumber sinar kurang.

d. Kondensor

Kondensor tersusun dari lensa gabungan yang berfungsi mengumpulkan sinar.

e. Diafragma

Diafragma berfungsi mengatur banyaknya sinar yang masuk.

f. Meja Preparat

Meja preparat merupakan tempat meletakkan objek (preparat) yang akan dilihat. Objek diletakkan di meja dengan dijepit oleh penjepit. Di bagian tengah meja terdapat lubang untuk dilewati sinar.

g. Tabung

Di bagian atas tabung melekat lensa okuler dengan pembesaran tertentu (5x, 10x, 15x). Di bagian bawah tabung revolver. Pada revolver tersebut terdapat lensa objektif dengan pembesaran berbeda, misalnya 10x, 40x dan 100x.

h. Pengatur kasar dan halus

Bagian ini letaknya pada bagian lengan dan berfungsi untuk mengatur kedudukan lensa objektif terhadap objek yang akan diamati.

Untuk lebih jelasnya tentang gambar bagian-bagian mikroskop, silahkan perhatikan gambar berikut ini!
Mikroskop Utuh (lengkap)
Gambar: Mikroskop Utuh (lengkap)
bagian lengan, meja preparat, dan kaki
Gambar: bagian lengan, meja preparat, dan kaki
meja preparat, penjepit preparat, dan lensa objektif dengan knop pemutarnya
Gambar: meja preparat, penjepit preparat,
dan lensa objektif dengan knop pemutarnya
cermin dan pemutar naik-turun meja preparat (diafragma terletak di atas cermin)
Gambar: cermin dan pemutar naik-turun meja preparat
(diafragma terletak di atas cermin)
mikroskop tampak samping
Gambar: mikroskop tampak samping

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Mikroskop dan Gambar Bagian-bagian Mikroskop beserta Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment