3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk dan Rumus Pertumbuhan Penduduk

Berikut ini adalah pembahasan tentang faktor pertumbuhan penduduk, rumus pertumbuhan penduduk, rumus laju pertumbuhan penduduk, rumus kepadatan penduduk, menghitung pertumbuhan penduduk.

Tahukah kamu, berapa populasi penduduk dunia? Berdasarkan perkiraan yang diterbitkan oleh Biro Sensus Amerika Serikat, penduduk dunia mencapai 6,5 milyar jiwa pada tanggal 26 Februari 2006 pukul 07.16 WIB.

Pada tanggal 19 Oktober 2012 pukul 03.36 WIB, jumlah penduduk dunia akan mencapai 7 milyar jiwa. Dari sekitar 6,5 milyar penduduk dunia, 4 milyar di antaranya tinggal di Asia. Tujuh dari sepuluh negara berpenduduk terbanyak di dunia berada di Asia (meski Rusia juga terletak di Eropa).

Menurutmu, mengapa jumlah populasi penduduk di dunia menjadi salah satu persoalan dalam Biologi? Apa hubungan antara jumlah populasi penduduk dengan masalah lingkungan?

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Jumlah penduduk sebagai petunjuk kepadatan populasi manusia suatu wilayah selalu berubah tiap waktu. Perubahan ini berupa pertambahan atau pengurangan jumlah penduduk.
3 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk
Bagan: 3 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Keadaan perubahan jumlah/kepadatan populasi penduduk ini disebut sebagai dinamika penduduk. Ada tiga faktor yang memengaruhi perubahan jumlah penduduk, yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan penduduk (migrasi).
  1. Natalitas, adalah angka yang menunjukkan jumlah individu baru yang lahir per 1.000 penduduk per tahun.
  2. Mortalitas, adalah angka yang menunjukkan jumlah kematian per 1.000 penduduk per tahun.
  3. Migrasi, merupakan perubahan penduduk dari suatu tempat ke tempat yang lain. 
Misalnya emigrasi (perpindahan penduduk dari dalam negeri ke luar negeri), imigrasi (perpindahan penduduk dari luar negeri ke dalam), sedangkan transmigrasi (perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduknya ke pulau yang jarang penduduknya).
Jumlah penduduk akan meningkat jika natalitas lebih besar dari mortalitas atau jika imigrasi lebih besar daripada emigrasi.

Rumus Pertumbuhan Penduduk

Berdasarkan ketiga faktor di atas, pertambahan jumlah penduduk (populasi manusia) suatu wilayah dapat ditentukan dengan persamaan.
P = (l - m) + (i - e)

Keterangan:

P : pertumbuhan atau pertambahan jumlah penduduk
l : total kelahiran
m : total kematian
i : total imigran atau pendatang dari luar daerah
e : total emigran atau penduduk yang pergi

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk dan Rumus Pertumbuhan Penduduk"

Post a Comment