Definisi atau Pengertian Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian metabolisme, macam macam reaksi metabolisme, definisi metabolisme, pengertian anabolisme, pengertian katabolisme, contoh metabolisme, contoh anabolisme, contoh katabolisme.

Pengertian Metabolisme

Salah satu ciri makhluk hidup adalah melakukan metabolisme, tahukan anda apa yang dimaksud dengan metabolisme?
Metabolisme merupakan proses kimiawi yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup, berfungsi untuk menghasilkan energi. Metabolisme menyangkut proses bernapas dan menghasilkan zat sisa.
Energi yang dihasilkan akan digunakan oleh organisme untuk melakukan berbagai aktivitas hidupnya seperti bergerak, bereproduksi, tumbuh dan berkembang.

Macam-macam Reaksi Metabolisme

Ada dua macam reaksi metabolisme, yaitu anabolisme (penyusunan atau sintesis) dan katabolisme (penguraian atau perombakan).

a. Anabolisme

Fotosintesis merupakan contoh reaksi anabolisme. Fotosintesis adalah proses pemanfaatan energi matahari oleh tumbuhan hijau dengan jalan mengubahnya menjadi energi kimia.
Anabolisme adalah lintasan metabolisme yang menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks. Proses ini membutuhkan energi dari luar. Energi yang digunakan dalam reaksi ini dapat berupa energi cahaya ataupun energi kimia.
Energi kimia ini sebagian digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan aktivitas hidupnya dan sebagian lagi disimpan dalam bentuk zat organik.

b. Katabolisme

Katabolisme merupakan proses penguraian atau pemecahan molekul-molekul organik zat makanan yang pada awalnya kompleks menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana. 
Misalnya, nasi yang dimakan. Nasi merupakan molekul kompleks yang disebut amilum. Melalui katabolisme, amilum akan dipecah/diuraikan menjadi molekul sederhana yang disebut glukosa. Tahukah kalian, mengapa perlu ada reaksi katabolisme?

Di atas telah dinyatakan bahwa molekul oksigen yang diambil tubuh melalui pernapasan akan digunakan untuk pembakaran zat makanan.

Proses pembakaran baru dapat dilakukan jika zat makanan dalam bentuk yang sederhana dan berlangsung di dalam sel. Proses pembakaran zat makanan yang merupakan kelanjutan katabolisme ini disebut sebagai mekanisme respirasi sel.

Ibarat kendaraan, respirasi sel adalah proses pembakaran bahan bakar (zat makanan) di dalam mesin yang akan menghasilkan energi, meliputi serangkaian proses kimiawi kompleks yang disebut sebagai proses oksidasi.

Sebagai contoh, proses respirasi sel adalah pembakaran (oksidasi) glukosa (zat gula) dari amilum (misalnya, nasi) yang akan menghasilkan energi dan zat sisa berupa karbon dioksida dan air. Secara sederhana reaksinya adalah sebagai berikut.
Reaksi Proses Respiresi Sel
Bagan: Reaksi Proses Respiresi Sel

Selama ini, kamu sering menyebut istilah respirasi untuk mengatakan proses pernapasan. Perlu kamu ingat bahwa sebutan itu tidak tepat. Pernapasan dan respirasi adalah dua hal yang sangat berbeda.

Pernapasan merupakan mekanisme tubuh untuk memasukkan molekul oksigen dengan cara bernapas, sedangkan respirasi telah kita bahas di atas. Keduanya, bernapas dan respirasi merupakan ciri penting lainnya bagi makhluk hidup yang tidak dimiliki benda tak hidup.

Baca juga: Keselamatan Kerja di Laboratorium

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Definisi atau Pengertian Metabolisme, Anabolisme dan Katabolisme beserta Contohnya"

Post a Comment