Pengertian dan Ciri-ciri Alga serta Macam-macam Contoh Alga Dilengkapi dengan Gambarnya

Berikut adalah pembahasan tentang alga yang meliputi contoh alga, gambar alga, pengertian alga, ciri ciri alga, macam macam alga.

Pengertian dan Ciri-ciri Alga

Apakah yang dimaksud dengan Alga?
Alga adalah organisme yang secara morfologis sederhana, yang mengandung berklorofil dengan ukuran yang berkisar dari mikroskopis dan uniseluler (bersel tunggal) sampai sangat besar dan multiseluler. Tubuh alga relatif tidak mengalami diferensiasi dan tidak ada akar atau daun sejati.
Alga merupakan tumbuhan talus. Hidup di air tawar dan air laut, hanya sedikit yang hidup di darat. Mempunyai klorofil dan pigmen yang lain.

Macam-macam Contoh Alga

Contohnya ganggang hijau, ganggang merah, ganggang coklat dan ganggang keemasan.
Macam-macam Contoh Alga
Gambar: Macam-macam Contoh Alga

1) Ganggang Hijau

Pigmen klorofilnya sangat banyak. Hidup menempel di dasar air (bentos) dan melayang di permukaan air (fitoplankton) yang merupakan makanan bagi hewan lain. Contohnya yaitu Spyrogira dan Chlorella.

2) Ganggang Merah

Ganggang ini banyak ditemukan di laut dan mengandung klorofil dan zat warna (fikoeritrin). Kegunaannya adalah untuk membuat agar-agar dan pembungkus kapsul. Contohnya yaitu Eucheuma sp, Gelidium dan Gracillaria.

3) Ganggang Coklat

Bentuknya berupa lembaran dengan ukuran puluhan meter dan mempunyai klorofil dan pigmen warna coklat (fukosantin). Zat alginin pada ganggang ini bermanfaat untuk pembuatan kosmetik, es krim dan obat-obatan. Contohnya yaitu Sargasum dan Fucus.

4) Ganggang Keemasan

Ganggang ini mengandung pigmen berwarna kuning keemasan (karoten). Contohnya, Diatomae.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Ciri-ciri Alga serta Macam-macam Contoh Alga Dilengkapi dengan Gambarnya"

Post a Comment