Pengertian dan Ciri-ciri Hewan Invertebrata (Avertebrata ) serta Macam-macam Contoh Hewan Invertebrata (Avertebrata)

Berikut adalah pembahasan tentang pengertian avertebrata, ciri ciri avertebrata, contoh hewan avertebrata, macam macam avertebrata, contoh hewan invertebrata, ciri ciri hewan invertebrata, ciri ciri hewan avertebrata.

Keanekaragaman hewan dapat dilihat dalam bentuk, ukuran, struktur alat-alat tubuh, tempat hidup dan cara berkembang biaknya. Kelompok hewan dibedakan menjadi vertebrata dan avertebrata.

Pengertian Hewan Avertebrata (Invertebrata)

Avertebrata atau  Invertebrata adalah hewan tanpa tulang punggung. Hewan ini tidak memiliki kerangka internal yang terbuat dari tulang.

Ciri-ciri Hewan Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

Kelompok hewan Avetebrata memiliki ciri sebagai tidak bertulang belakang dan susunan syaraf pusat terletak di perut. Berkembang biak secara kawin dan tidak kawin. Susunan alat tubuh masih sederhana.

Macam-macam Contoh Hewan Avertebrata (Invertebrata)

Kelompok Avertebrata, yaitu porifera, coelenterata, vermes, mollusca, echinodermata, dan arthropoda.
Contoh Hewan Invertebrata
Gambar: Contoh Hewan Invertebrata

1) Porifera

Tubuhnya seperti jambangan dan berpori. Hidup menempel pada benda lain di laut. Tubuh tersusun banyak sel dan setiap sel mempunyai tugas tertentu. Porifera merupakan hewan hermaprodit. Umumnya digunakan sebagai penggosok atau spons.

2) Coelenterata

Coelenterarta umumnya hidup di laut dan hanya beberapa yang hidup di air tawar. Bertubuh radial simetri dan mempunyai rongga yang berfungsi sebagai perut. Di sekeliling mulutnya terdapat tentakel.

Contoh yang hidup di laut adalah anemon laut, ubur-ubur, yang hidup di air tawar adalah Hydra.

3) Vermes atau Cacing

Cacing hidup darat, di air tawar, dan air laut, dan menempel pada organisme lain. Cacing dibedakan menjadi cacing pipih, cacing gilig, dan cacing tanah.

Contoh cacing pipih adalah cacing pita dan cacing hati. Contoh cacing gilig adalah cacing perut dan cacing kremi. Cacing ada yang dapat dimakan karena bergizi tinggi, yaitu cacing wawo dan palolo.

4) Mollusca

Tubuhnya lunak dan tidak bersegmen. Hidup di air laut, air tawar dan darat. Umumnya, berangkang untuk melindungi tubuhnya. Cangkang terbuat dari zat kapur. Contohnya, gurita, siput dan keong.

5) Echinodermata

Echinodermata mempunyai kulit yang berupa duri halus. Tubuhnya simetri radial. Semuanya hidup di air laut. Contohnya bintang laut dan lilia laut.

6) Arthropoda

Arthropoda mempunyai kaki yang berbuku-buku atau beruas-ruas. Rangka luarnya keras karena mengandung zat kitin. Umumnya mengalami metamorfosis. Ada yang hidup di darat (bernapas dengan sistem trakhea atau paru-paru buku) dan di air (dengan insang buku).

Contohnya di laut adalah udang dan kepiting, di air tawar adalah Cyclops, dan di darat adalah kutu babi.

Baca juga: Pengertiah Klasifikasi Makhluk Hidup

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Ciri-ciri Hewan Invertebrata (Avertebrata ) serta Macam-macam Contoh Hewan Invertebrata (Avertebrata)"

Post a Comment