Pengertian Individu, Populasi, Komunitas, Ekosistem dan Contohnya serta Macam-macam Komponen Ekosistem

Berikut adalah pembahasan tentang Tingkat Organisasi Kehidupan dalam Ekosistem, komponen penyusun ekosistem, pengertian individu, pengertian populasi, pengertian ekosistem, pengertian komunitas, contoh ekosistem, contoh individu, contoh populasi, contoh komunitas.

Pengertian Individu, Populasi, Komunitas dan Ekosistem

Pernahkah kamu mendengar istilah individu, populasi atau komunitas. Apa yang kamu ketahui tentang tiga hal itu? Apa pula kaitan ketiganya dengan komponen ekosistem?

Pada ekosistem terdapat beberapa individu organisme yang membentuk populasi dan hidup/beraktivitas dalam suatu komunitas.

Interaksi yang terjadi antar komunitas dan dengan lingkungannya itu merupakan bentuk ekosistem. Jika begitu, apa pengertian individu, populasi, dan komunitas itu?
Individu merupakan satuan makhluk hidup/organisme tunggal. Populasi merupakan kumpulan individu sejenis dalam satu wilayah tertentu. Komunitas adalah kumpulan populasi makhluk hidup yang hidup pada suatu daerah tertentu. Ekosistem adalah satu kesatuan komponen dan intreraksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Dengan demikian, secara berturut-turut tingkat organisasi kehidupan pada suatu ekosistem dari satuan terkecil adalah individu organisme, populasi, dan komunitas.

Macam-macam Komponen Ekosistem

Apa saja yang menjadi komponen ekosistem? Ekosistem pada dasarnya disusun oleh dua komponen pokok, yaitu komponen biotik dan abiotik.
Komponen Penyusun Ekosistem
Bagan: Komponen Penyusun Ekosistem

1. Komponen Biotik

Komponen biotik me rupakan semua makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem seperti hewan, tumbuhan, manusia dan organisme lainnya. Setiap makhluk hidup tersebut mempunyai kedudukan dan peran tertentu dalam ekosistem.

Kedudukan makhluk hidup dalam ekosistem disebut nisia. Menurut peranannya, komponen biotik dibedakan menjadi tiga, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai (decomposer).

a) Produsen

Produsen berarti makhluk hidup yang dapat menghasilkan zat makanan yang diperlukan organisme lain. Tugas ini diperankan oleh tumbuhan hijau yang mempunyai klorofil (zat hijau daun).

Tumbuhan mensintesis/membentuk zat makanan menggunakan bahan karbondioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan cahaya matahari. Proses ini dinamakan fotosintesis.

b) Konsumen

Konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Konsumen bergantung pada organisme lain untuk makanannya. Contoh kelompok konsumen diantaranya hewan, manusia dan tumbuhan yang tidak berklorofil.

Tumbuhan sebagai produsen, akan dimakan atau digunakan secara langsung oleh herbivora. Dalam hal ini, herbivora sebagai konsumen tingkat pertama. Herbivora akan dimangsa oleh karnivora yang bertindak sebagai konsumen tingkat kedua.

Selanjutnya jika karnivora pada konsumen tingkat kedua dimakan oleh karnivora lainnya maka karnivora pemakan konsumen kedua disebut sebagai konsumen tingkat ketiga.

c) Pengurai

Hewan dan tumbuhan yang telah mati akan dibusukkan dan diuraikan oleh pengurai (decomposer). Makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai adalah bakteri dan jamur saprofit.

Zat-zat penyusun tubuh hewan dan tumbuhan diuraikan menjadi zat sederhana untuk dikembalikan lingkungan sebagai zat hara untuk tumbuhan.

2. Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan semua benda tak hidup yang terdapat dalam ekosistem. Dalam ekosistem, keberadaan komponen abiotik sangat berpengaruh pada jenis makhluk hidup yang menempati suatu lingkungan. Beberapa komponen abiotik misalnya tanah, air, suhu, kelembaban udara, intensitas cahaya, pH, dan kadar garam.

Baca juga: Pengertian Organ dan Sistem Organ

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Individu, Populasi, Komunitas, Ekosistem dan Contohnya serta Macam-macam Komponen Ekosistem"

Post a Comment