Pengertian Organ dan Sistem Organ beserta Contohnya Masing-masing

Berikut adalah pembahasan tentang organ dan sistem organ yang meliputi pengertian sistem organ, pengertian organ, contoh sistem organ, contoh organ, Apakah tumbuhan tingkat tinggi juga memiliki sistem organ?

Pengertian Organ

Masing-masing jaringan yang berbeda-beda itu di dalam tubuh akan berkumpul dan tertata (terorganisasi) membentuk organ.

Apakah yang dimaksud dengan organ?
Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.
Organ dapat tersusun oleh dua atau lebih jaringan yang berbeda yang bekerja sama membentuk fungsi yang spesifik. Sebagai contoh, lambung kita tersusun atas jaringan epitel (tipe kolumner), darah, otot polos, jaringan penyokong dan jaringan syaraf.
Jaringan-Jaringan yang Menyusun Lambung
Gambar: Jaringan-Jaringan yang Menyusun Lambung

Pengertian Sistem Organ

Sekelompok organ yang bekerja sama membentuk satu fungsi khusus bagi organisme disebut sebagai sistem organ.
Sistem organ adalah merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks.
Setiap organ dalam tubuh saling berkaitan/mempengaruhi dan membentuk kesatuan struktur fungsi tubuh. Sebagai contoh, salah satu sistem organ yang ada pada tubuh manusia adalah sistem pencernaan.

Sistem pencernaan yaitu sistem organ yang berperan dalam mengolah atau merubah bentuk makanan yang kita makan menjadi zat-zat sederhana.
a. Mulut dan kelenjar ludah b. Esofagus / kerongkongan c. Hati d. Lambung e. Usus kecil f. Usus g. Anus
Gambar: Sistem Pencernaan (a. Mulut dan kelenjar ludah b. Esofagus / kerongkongan c. Hati d. Lambung e. Usus kecil f. Usus g. Anus)

Apakah tumbuhan tingkat tinggi juga memiliki sistem organ?

Tumbuhan tingkat tinggi tidak memiliki sistem organ, melainka hanya organ-organ yang berhubungan langsung membentuk tubuh.

Tubuh tumbuhan terbentuk oleh tiga organ dasar, yaitu akar, batang dan daun. Masing-masing organ akar, batang dan daun tersebut tersusun oleh jaringan-jaringan.
a. Kesatuan Struktur Tubuh Tumbuhan yang Terdiri Atas Akar, Batang dan Daun. b. Penampang Anatomis Jaringan-Jaringan pada Organ-Organ Tumbuhan.
Gambar: a. Kesatuan Struktur Tubuh Tumbuhan yang Terdiri Atas Akar, Batang dan Daun.
b. Penampang Anatomis Jaringan-Jaringan pada Organ-Organ Tumbuhan.

Bagaimana sistem organisasi kehidupan pada organisme tingkat rendah seperti bakteri, ganggang, paramecium atau jamur?

Sistem organisasi kehidupan pada organisme tingkat rendah gejalanya lebih sederhana. Kesatuan struktur fungsi kehidupannya biasanya hanya pada tingkat organisasi kehidupan sel, baik yang tunggal (uniseluler) maupun yang berkelompok (berkoloni).

Sebagai contoh, paramecium merupakan organisme yang struktur tubuhnya hanya satu sel, di mana satu sel ini sudah menunjukkan gejala hidup.
Contoh Organisme yang Termasuk Tingkat Sel.
Gambar: Contoh Organisme yang Termasuk Tingkat Sel.

Artinya, tingkat organisasi kehidupan paramecium adalah tingkat sel. Tingkat organisasi sel ini juga dapat kita temukan pada beberapa ganggang, protozoa (amoeba), atau euglena.

Baca juga: Perbedaan sel hewan dan tumbuhan

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

1 Response to "Pengertian Organ dan Sistem Organ beserta Contohnya Masing-masing"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete