Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Struktur Sel Tumbuhan beserta Fungsinya Masing-masing

Berikut ini adalah pembahasan tentang struktur sel hewan, struktur sel tumbuhan, perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan, sel hewan beserta fungsinya, sel tumbuhan beserta fungsinya, perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.

Keragaman Sistem Organisasi Kehidupan

Masih ingatkah kamu pelajaran tentang ciri-ciri makhluk hidup dan keanekaragamannya? Kamu tentu telah memahami bahwa obyek Biologi itu banyak dan beragam. Ada yang termasuk golongan tumbuhan, hewan, ganggang, bakteri, atau yang lainnya.

Gambar di bawah ini menjelaskan kepada kita bahwa organisasi kehidupan tingkat individu/organisme untuk semua jenis makhluk hidup pada dasarnya disusun oleh satu unit/bagian organisasi kehidupan yang sama, yaitu sel.

Sel sebagai unit terkecil kehidupan strukturnya terdiri atas membran plasma dan organel-organel sel yang memiliki struktur dan fungsi berbeda-beda. Struktur dan fungsi tersebut saling berkaitan dan melakukan proses bersama untuk kehidupan sel itu sendiri.

Sel dapat dibedakan antara sel hewan dengan sel tumbuhan. Keduanya memiliki kedudukan dan fungsi yang sama sebagai unit terkecil kehidupan. Namun, jika dilihat dari strukturnya, sel hewan dan sel tumbuhan memiliki sedikit perbedaan struktur.
Perbandingan Struktur Sel Hewan (a) dan Sel Tumbuhan (b).
Gambar: Perbandingan Struktur Sel Hewan (a) dan Sel Tumbuhan (b).

Sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan berkumpul dan berdiferensiasi/beralih fungsi menjadi jaringan. Proses diferensiasi ini terjadi selama masa embrio/pertumbuhan dan perkembangan pembentukan tubuh.

Terdapat empat macam jaringan pada tubuh hewan, yaitu jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan otot, dan jaringan saraf. Tahukah kamu, apa bedanya.

Jaringan pada Hewan

Berikut beberapa jaringan pada hewan

1. Jaringan Epitel.

Jaringan ini menutupi permukaan tubuh bagian luar atau lapisan luar dari suatu rongga.
Gambar: Jaringan Epitel
Gambar: Jaringan Epitel

2. Jaringan Penyokong (Ikat)

Jaringan ini menghubungkan strukturstruktur tubuh, termasuk melindungi dan mendukung fungsi struktur tubuh yang lain. Jaringan penyokong meliputi jaringan darah, jaringan fibrosa, jaringan tulang dan jaringan kartilago.
Gambar: Jaringan Penyokong
Gambar: Jaringan Penyokong

3. Jaringan Otot.

Jaringan ini berkaitan dengan fungsi gerak tubuh.
Gambar: Jaringan Otot
Gambar: Jaringan Otot

4. Jaringan Saraf.

Jaringan saraf berfungsi menghantarkan impuls syaraf dalam proses koordinasi tubuh.
Gambar: Jaringan Saraf
Gambar: Jaringan Saraf



Apakah tumbuhan juga mempunyai jaringan? Berbeda dengan yang terdapat pada hewan, tumbuhan juga memiliki empat jenis jaringan, yaitu jaringan epidermis, jaringan meristem, jaringan vaskuler (pengangkut), dan jaringan dasar.

Jaringan Pada Tumbuhan

Dan diantara jaringan pada tumbuhan adalah;

1. Jaringan Epidermis

Tersusun dari satu lapis sel. Fungsinya menutupi bagian permukaan tumbuhan dan melindungi jaringan di bawahnya.
Gambar: Jaringan Epidermin
Gambar: Jaringan Epidermin

2. Jaringan Meristem.

Jaringan ini berfungsi untuk menghasilkan sel-sel baru yang dibutuhkan pada proses pertumbuhan dan perkembangan, serta regenerasi.
Gambar: Jaringan Maristem
Gambar: Jaringan Maristem

3. Jaringan Vaskuler (Pengangkut)

Jaringan ini berperan dalam proses pengangkutan air, larutan mineral dan hasil fotosintesis. Selain itu juga berperan dalam menghasilkan jaringan baru untuk perkembangan batang oleh kambium.
Gamabar: Jaringan Pengangkut
Gamabar: Jaringan Pengangkut

4. Jaringan Dasar.

Jaringan ini berfungsi untuk memperkuat dan mendukung fungsi jaringan/struktur yang lain.
Gambar: Jaringan Dasar
Gambar: Jaringan Dasar
Demikianlah pembahasan lengkap tentang perbedaan struktur sel tumbuhan dan hewan.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Struktur Sel Tumbuhan beserta Fungsinya Masing-masing"

Post a Comment