Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom

Berikut adalah pembahasan tentang sistem klasifikasi lima kingdom, sistem klasifikasi 5 kingdom, sistem klasifikasi makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom.

Awalnya, Carolus Linnaeus membagi makhluk hidup menjadi dua dunia (kingdom) besar, yaitu dunia hewan dan dunia tumbuhan.

Kemudian, ahli Biologi menambahkan beberapa golongan dalam klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan sistem lima kingdom, yaitu monera, protista, fungi, hewan, dan tumbuhan. Mari kita pelajari cirinya bersama.

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

Diantara kelima kingdom tersebut adalah sebagai berikut;

Baca selengkapnya: Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup
Sistem Klasifikasi 5 Kingdom
Gambar: Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

1. Monera

Monera tidak mempunyai membran inti sel (prokariotik). Berkembang biak secara aseksual dengan cara membelah diri. Contohnya, bakteri dan ganggang hijau-biru (Cyanophyta)

2. Protista

Bersel satu, telah mempunyai membran inti sel (eukariotik). Makhluk hidup golongan protista adalah semua hewan bersel satu (protozoa) dan ganggang bersel satu. Ada yang dapat berfotosintesis.

Hidup secara bebas, dan di perairan (fitoplankton), contoh: diatomae, euglena. Ada yang hidup secara bebas pada organisme lain, contoh: plasmodium (penyebab penyakit malaria).

3. Fungi

Fungi tidak berklorofil sehingga tidak dapat membuat makanan sendiri. Makanan diambil dengan menyerap zat organik dari lingkungannya. Fungi hidup pada organisme yang telah mati dengan menyerbu organisme hidup.

Ada yang bersel satu, contoh jamur roti/ragi (Saccharomyces cereviceae) dan ada yang bersel banyak, contoh jamur tiram. Sel-sel yang membentuk tubuh jamur disebut miselium yang terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa.

Jamur berkembang biak secara vegetatif dengan spora dan generatif dilakukan melalui perkawinan dua miselium yang akan menghasilkan spora.

4. Animalia atau Hewan

Keanekaragaman hewan dapat dilihat dalam bentuk, ukuran, struktur alat-alat tubuh, tempat hidup dan cara berkembang biaknya. Kelompok hewan dibedakan menjadi vertebrata dan avertebrata.

a. Avertebrata (Hewan Tidak Bertulang Belakang)

Kelompok hewan Avetebrata memiliki ciri sebagai tidak bertulang belakang dan susunan syaraf pusat terletak di perut. Berkembang biak secara kawin dan tidak kawin. Susunan alat tubuh masih sederhana. Kelompok Avertebrata, yaitu porifera, coelenterata, vermes, mollusca, echinodermata, dan arthropoda.

Baca selengkapnya: Macam-macam Contoh Hewan Avertebrata

b. Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Hewan Vertebrata memiliki ciri bertulang belakang, susunan saraf pusat terletak di otak, berkembang biak secara generatif, dan susunan alat tubuh simetris. Kelompok Vertebrata, yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves, dan mamalia.

Baca selengkapnya: Macam-macam Contoh Hewan Vertebrata

5. Plantae atau Tumbuhan

Kelompok tumbuhan dibedakan dalam kelompok alga, briophyta, pteridophyta (paku-pakuan), gymnospermae, dan angiospermae. Mari kita pelajari cirinya bersama-sama.

a. Alga

Alga merupakan tumbuhan talus. Hidup di air tawar dan air laut, hanya sedikit yang hidup di darat. Mempunyai klorofil dan pigmen yang lain. Contohnya ganggang hijau, ganggang merah, ganggang coklat dan ganggang keemasan.

Baca selengkapnya: Macam-macam Contoh Alga

b) Briophyta atau Lumut

Briophyta merupakan tumbuhan perintis. Tidak mempunyai pembuluh angkut. Lumut mempunyai rizoid berupa benang berfungsi sebagai akar. Hidup di tempat yang lembab.

Hidupnya mengalami pergiliran keturunan, yaitu generasi sporofit (menghasilkan spora) dan gametofit (menghasilkan sel kelamin). Contohnya, lumut hati dan lumut daun

c) Pteridophyta atau Paku-pakuan

Tumbuhan yang berupa semak. Tumbuh menumpu pada tempat yang mempunyai kelembaban tinggi, mempunyai akar, batang dan daun sejati. Umumnya berbatang pendek, akar tinggal, daun mudanya menggulung, dan mempunyai klorofil sehingga dapat berfotosintesis. Berkembangbiak dengan spora. Contohnya, tanaman suplir.

d) Gymnospermae atau Tumbuhan Berbiji Terbuka

Biji tumbuhan ini tidak tertutup oleh daging buah. Batang berkayu dan sangat tinggi, lurus ada yang bercabang, daun bervariasi, biji sebagai alat perkembangbiakan berbentuk kerucut yang disebut strobillus. Contohnya, melinjo, pinus, cemara, pakis haji.

d) Angiospermae atau Tumbuhan Berbiji Tertutup

Biji tersimpan di dalam buah. Tumbuhan berbunga sejati yang sekarang ini mendominasi dunia tumbuhan. Tumbuhan angiospermae dibedakan menjadi kelompok tumbuhan dikotil dan monokotil.

Tumbuhan monokotil, tumbuhan dengan biji berkeping satu. Tumbuhan ini sangat beraneka ragam, ada yang berukuran kecil, panjang, berkayu dan tidak berkayu.

Tumbuhan dikotil terdapat di daerah tropis, berupa pohon batang dan perdu. Ada yang tumbuh tegak, merambat, ataupun menempel.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom"

Post a Comment