Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Berikut ini adalah pembahasan tentang sistem organisasi kehidupan, pengertian sistem organisasi kehidupan, tingkat organisasi kehidupan, urutan organisasi kehidupan, organisasi sel dalam badan manusia, organisasi kehidupan makhluk hidup, tingkatan organisasi makhluk hidup, tingkatan organisasi dalam ekosistem.

Sistem Organisasi Kehidupan

Apa yang kamu pahami tentang sistem organisasi kehidupan? Dapatkah kamu mendiskripsikan perbedaan antara kepala dengan kaki, dilihat dari struktur penyusunnya? Struktur-struktur apa saja yang membentuk tangan kita?

Di dalam ilmu Biologi, sistem organisasi kehidupan pada suatu objek Biologi (makhluk hidup) terdiri atas beberapa tingkatan.

Tingkatan sistem organisasi pada makhluk hidup didasarkan pada struktur-struktur penyusunnya yang memiliki bentuk, tempat/kedudukan dan fungsi berbeda. Namun, semuanya saling terkait satu sama lain.

Coba perhatikan tubuhmu. Tubuh kita dapat dibagi menjadi beberapa bagian, kepala, badan, kaki dan tangan. Masing-masing bagian itu dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian.

Kepala misalnya, dapat dilihat dalam beberapa bagian, seperti rambut, telinga, mata, hidung, dan mulut. Contoh lain, tangan pun terbagi dalam beberapa, yaitu pergelangan tangan atas dan bawah, telapak dan jari-jari. Hal yang sama dapat kita lihat juga pada badan dan kaki.

Setiap bagian itu tersusun oleh struktur-struktur yang saling berkaitan. Contoh, perhatikan bagian tanganmu. Pada bagian luar, tangan kita ditutupi kulit. Di bawah permukaan kulit, ada pembuluh darah yang terlihat berwarna hijau kebiru-biruan.

Selain menempel di kulit, pembuluh darah juga melekat di otot-otot. Pembuluh darah dan otot ini melekat pada tulang yang saling tersambung pada persedian.

Persambungan tulang ini yang membagi tangan kita menjadi bagian pergelangan tangan atas dan bawah, telapak dan jari-jari.

Satu kesatuan tangan ini dapat bekerja dengan baik karena ada bagian lain, yaitu saraf-saraf yang mengatur perintah dan koordinasi kerja tangan.

Setiap bagian dari struktur pembentuk tangan tersebut sebenarnya merupakan satu kesatuan sistem yang tersusun dari bagian-bagian yang lebih kecil lagi. Bagian-bagian kecil itu masingmasing tersusun oleh sekumpulan struktur yang memiliki bentuk, fungsi dan kedudukan yang sama.

Rincian struktur bentuk yang menyusun tubuh dan bagian-bagian tubuh merupakan gambaran tingkat organisasi kehidupan yang terdapat pada satu individu/organisme makhluk hidup.
Dalam Biologi, organisasi kehidupan menggambarkan unit atau bagianbagian sistem kehidupan yang ada dan menyusun satu kesatuan sistem hidup pada individu makhluk hidup. 
Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks adalah sebagai berikut.
Hirarki/urutan tingkat organisasi kehidupan dari tingkat sel (yang sederhana) sampai individu/organisme (yang kompleks).
Gambar: Hirarki/urutan tingkat organisasi kehidupan dari tingkat sel (yang sederhana) sampai individu/organisme (yang kompleks).

Baca juga: Contoh Kunci Dikotomi Hewan 

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dalam Ekosistem"

Post a Comment