Pengertian dan Macam-macam Jenis Metabolisme

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian metabolisme, macam macam metabolisme, jenis jenis metabolisme, metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, metabolisme lemak, definisi metabolisme, metabolisme asam amino, proses metabolisme protein.

Pengertian Metabolisme

Setiap makhluk hidup mengadakan pertukaran zat dengan lingkungannya, artinya makhluk hidup tidak hanya mengambil zat-zat tertentu dari lingkungannya, tetapi ia juga mengembalikan zat-zat tertentu kedalam lingkungannya. Inilah yang disebut proses metabolisme.
Metabolisme adalah reaksi kimia untuk pembentukkan dan perombakan bahan organik. 
Metabolisme adalah pertukaran zat antara suatu sel atau suatu organisme secara keseluruhan dengan zat antara suatu sel atau organisme secara keseluruhan dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari kata Yunani “Metabole” yang berarti perubahan.

Macam-macam Jenis Metabolisme

Metabolisme dibedakan ke dalam anabolisme dan katabolisme.
  1. Anabolisme, yaitu pembentukan senyawa-senyawa kompleks dari senyawa sederhana. Proses ini memerlukan energi.
  2. Katabolisme, yaitu penguraian senyawa kompleks menjadi senyawasenyawa sederhana. Proses ini menghasilkan energi. Energi ini dapat digunakan oleh makhluk hidup untuk berbagai kegiatan.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Metabolisme"

Post a Comment