Pengertian Kode Genetik dan Daftar Tabel Kode Genetik

Berikut adalah pembahasan tentang kode genetik yang meliputi kode genetik, pengertian kode genetik, aturan kode genetika, kode genetika, tabel kode genetik, tabel kodon, kode genetik asam amino, tabel kodon asam amino, informasi genetik.

Pengertian Kode Genetik

Apakah yang dimaksud dengan kode genetik?
Kode genetik ialah suatu cara untuk menetapkan jumlah serta urutan nukleotida yang berperan dalam menentukan posisi yang tepat dari tiap asam amino dalam rantai peptida yang panjang (polipeptida).
Berapa jumlah nukleotida yang diperlukan untuk mengkode penempatan asam amino dalam polipeptida? Nerenberg, Khorona, dan Holley tahun 1968 menerima hadiah nobel karena menciptakan kode genetik dengan membuat mRNA buatan yang hasilnya sebagai berikut:
  1. Jika sebuah kodon hanya terdiri dari dari satu nukleotida saja, maka akan didapatkan 4 kodon, yaitu A,G,C, dan U. Kode genetik yang menggunakan 1 nukleotida saja disebut kode singlet, kode ini tidak memenuhi syarat, sebab baru mengkode 4 asam amino, padahal jumlah asam aminonya 20.
  2. Jika sebuah kodon terdiri dari tiga nukleotida, didapatkan 43 = 64 kodon disebut kode triplet. Dengan kode triplet akan ada kelebihan 64-20= 44 kodon, tetapi ini tidak menjadikan masalah karena satu macam asam amino dapat dikode oleh beberapa kodon (lihat Tabel di bawah ini!)

Tabel Kode Genetika

Kode Genetik (Kodon triplet pada mRNA)
Tabel: Kode Genetik (Kodon triplet pada mRNA)

Maka semakin jelas bahwa kode yang berlaku sampai sekarang adalah kode triplet. Dari 64 macam kodon, 3 kodon yaitu UAA, UAG, dan UGA merupakan kodon nonsense (kodon stop), yaitu kodon yang mengakhiri sintesis protein. Sedangkan kodon UAG dengan terjemahannya metionin merupakan kodon awal (kodon start) yaitu kodon untuk memulai terjadinya sintesis protein.


Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Kode Genetik dan Daftar Tabel Kode Genetik"

Post a Comment