Pengertian Simbiosis Parasitisme dan Macam-macam Jenis Contoh Parasit

Berikut adalah pembahasan tentang pengertian parasit, contoh parasit, macam macam parasit, jenis jenis parasit, pengertian simbiosis parasitisme, contoh simbiosis parasitisme, macam-macam simbiosis parasitisme.

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah suatu hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup simbion, yang mana dari hubungan tersebut 1 pihak akan dirugikan sedangkan 1 pihak lainnya akan diuntungkan.
Parasit adalah makhluk hidup yang sebagian besar atau seluruh kebutuhan hidupnya bergantung pada makhluk lain yang ditumpanginya (inang).

Macam-macam Jenis Parasit dan Contohnya

Berikut ini adalah pembagian jenis parasit;

1. Berdasarkan cara hidupnya, parasit dapat dibedakan atas:

  1. Parasit obligat, yaitu makhluk hidup yang hanya dapat hidup sebagai parasit saja, hidupnya bergantung sekali pada inang. . Contoh tali putri (Cassytha filiformis).
  2. Parasit fakultatif, yaitu makhluk hidup yang hidupnya tidak hanya sebagai parasit, tetapi juga dapat hidup sebagai saprofit. Contoh: Phytophthora parasitica pada tembakau dan tomat.

2. Berdasarkan kebutuhan makanannya, parasit dibagi atas:

  1. Parasit sejati, parasit yang seluruh kebutuhannya diambil dari inangnya. Contoh: tali putri, tumbuhan ini mengisap makanannya dari inangnya dengan akar isap (haustorium).
  2. Semi atau parasit (parasit setengah), yaitu parasit yang sebagian dari kebutuhan makanannya diambil dari inangnya. Contoh: Benalu.
  3. Hiper parasit, yaitu parasit yang hidup pada parasit lainnya. Contoh: Vicum sp. tumbuh pada benalu.

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Simbiosis Parasitisme dan Macam-macam Jenis Contoh Parasit"

Post a Comment