Pengertian Vektor Percepatan, Percepatan Rata-rata, Percepatan Sesaat Beserta Contoh Soal nya

Pengertian Vektor Percepatan, Percepatan Rata-rata, Percepatan Sesaat Beserta Contoh Soal nya - Materi ini masih berkaitan dengan materi sebelumnya tentang Vektor posisi dan Vektor Perpindahan Yaitu  Pengertian Vektor percepatan, Bagaimanakah menentukan vektor percepatan, besar percepatan rata-rata dan percepatan sesaat ?Apakah hubungan Vektor percepatan dengan vektor posisi ?Contoh soal percepatan rata-rata,contoh soal percepatan sesaat.

Pengertian Vektor Percepatan

Vektor percepatan merupakan hasi bagi vektor kecepatan pada selang waktu tertentu. Vektor percepatan juga dapat diuraikan pada sumbu x dan sumbu y.

a. Menentukan Percepatan Rata-rata

Percepatan rata-rata dapat dinyatakan sebagai hasil bagi perubahan kecepatan terhadap selang waktu dari. Adapun rumus percepatan rata-rata adalah sebagai berikut :

b. Menentukan Percepatan Sesaat

Percepatan sesaat didefinisikan sebagai kecepatan rata-rata untuk selang waktu Δt yang mendekati nol, mudahnya percepatan sesaat adalah turunan dari vektor kecepatan atau turunan kedua dari vektor posisi.

Percepatan sesaat dinyatakan dalam persamaan limit dirumuskan :
www.guruipa.com

Contoh Soal Percepatan Rata-rata dan Percepatan Sesaat:

Vektor posisi suatu benda dinyatakan sebagai berikut :
a. Tentukan Percepatan rata-rata selang waktu t = 1 s sampai dengan t = 3 s !
b. Tentukan percepatan sesaat pada saat t = 3 s !

Jawab :
www.guruipa.com

Terimakasih telah membaca artikel-artikel kami. Jika anda ingin mendapatkan update artikel terbaru kami melalui Email silahkan daftarkan Email anda.:

0 Response to "Pengertian Vektor Percepatan, Percepatan Rata-rata, Percepatan Sesaat Beserta Contoh Soal nya"

Post a Comment